9 nama pahlawan yang dijadikan anama jalan

Home / Tips / 9 nama pahlawan yang dijadikan anama jalan

Sebagai pahlawan pasti namanya selalu dikenang oleh segenap rakyatnya, untuk mengenang jasa-jasa dan nama pahlawan tersebut dalam buku pelajaran, nama pahlawan di Indoensia banyak dikenang sebagai nama jalan.
Nah ini dia pahlayan dan tokoh indoneisa yang biasanya digunakan sebgai nama jalan

1.       Ir Soekarno
Selain digunakan sebagai bandara Internasional dan stadion olahraga nama Ir soekarno juga kerap digunakan untuk nama jalan raya di Indonesia, Orang nomer satu jaman kemerdekaan ini memang besar pengaruhnya untuk kemerdekaan Indonesia. Hebatnya penggunaan nama Ir soekarno juga digunakan di luar negeri lho, contohnya di Mesir, Maroko, dan Pakistan.

2.       Jenderal Sudirman
Nama Panglima besar tentara nasional ini berjuang banyak setelah kemerdekaan Indonesia, namanya digunakan di Indonesia tepatnya di Jakarta, kawasan jalan Jendral Sudriman merupakan kawasan jantung ibukota dan pusat bisnis di Jakarta. Selain di Jalarta penggunaan nama Jenderal Sudirman ini digunakan juga di daerah lainnya seperti di Bandung, Lampung dan Purbalingga.

3.       H.R. Rasuna Said
Pahlawan wanita yang memiliki nama lengkap Hajjah Rangkayo Rasuna Said ini lahir di Minanjau, Sumatera Barat, pada tanggal 14 September 1910. Seperti Kartini, ia juga memperjuangkan adanya persamaan hak antara pria dan wanita. Pengguaan namanya dapat kita jumpai di Jakarta di daerah Kuningan Jakarta Selatan.

4.       Margonda
Pada tahun 1945, Margonda aktif dalam gerakan kepemudaan, dan ia berhasil mendirikan Angkatan Muda Republik Indonesia (AMRI) dengan tujuan untuk merebut kembali Depok dari tangan penjajah (NICA). Namun, ia gugur dalam pertempuran tersebut pada 16 November 1945 di Kali Bata, Depok. Dan namanya pun akhirnya diabadikan sebagai nama jalan utama di kota Depok.

5.       R. A. Kartini
Raden Adjeng Kartini kadang kita mengenalnya dengan Raden Ayu Kartini merupakan pahlawan dari Jepara yang dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita. Selain di Indoensia pengguaan nama R. A. Kartini digunakan juga di negara Belanda di daerah Amsterdam.

6.       Diponegoro
Bendara Pangeran Harya Dipanegara lebih dikenal dengan nama Diponegoro, terkenal karena memimpin Perang diponegoro atau perang jawa pada tahun 1825-1830 melawan pemerintah Hindia Belanda. Selain dijadikan nama jalan, nama diponegoro juga digunakan sebagai nama salah satu Univeristas negeri di Semarang.

7.       Achmad Yani
Terkenal sebagai salah satu pahlawan revolusi Indonesia nama Achmad Yani digunakan di kota Bandung, Surabaya, Jakarta, dan kota2 lain.

8.       Tuanku Imam Bonjol
Tuanku Imam Bonjol sendiri merupakan pemimpin dan pejuang yang berperang melawan Belanda, dalam peperangan yang dikenal dengan nama Perang Padri pada tahun 1803-1838. Nah, selain di Jakarta, pahlawan bangsa yang berasal dari tanah Sumatera Barat ini juga digunakan namanya untuk nama jalan di Padang (pastinya), Semarang, Medan, Denpasar, dan Solo

9.       M. T. Haryono
Jalan Letnan Jenderal MT Haryono atau Jalan MT Haryono adalah nama salah satu jalan utama Jakarta. Nama jalan ini diambil dari nama seorang Pahlawan Revolusi Indonesia yaitu Letnan Jenderal TNI Anumerta Mas Tirtodarmo Haryono. Jalan ini membentang sepanjang 3.5 KM dari Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur sampai Patung Pancoran, Pancoran, Pancoran, Jakarta Selatan.

kita sebagai generasi penerus bangsa yang tidak ikut berjuang dalam merebut kemerdekaan wajiblah bagi kita untuk mengenang jasa para pahlawan dan meneruskan perjuangannya. meskipun sudah tidak jaman perang lagi kita harus menjunjung jati diri bangsa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *